Friday, September 24, 2010

APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SMA NEGERI 01 BAWANG KABUPATEN BATANG DENGAN MICROSOFT VISUAL BASIC VERSI 6.0

ABSTRAK

Sekolah adalah sebuah lembaga formal yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah sebagai suatu instansi pemerintah di bidang pendidikan banyak melakukan pengolahan data siswa, data guru maupun data karyawan dalam jumlah data yang besar. Perubahan data tersebut harus tersimpan dengan baik. Dalam pengolahan data kebanyakan dari pihak sekolah
menggunakan sistem manual, di mana data yang ada berupa setumpuk rekaman yang disimpan dalam rak berkas.

Masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara membuat dan mengolah program database pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Bawang dan bagaimana proses kerja program sehingga dapat menghasilkan program database di SMA Negeri 1 Bawang, yang bertujuan untuk mengetahui Database SMA Negeri 01 Bawang dan juga mengetahui kelebihan sistem dengan menggunakan Microsoft Visual Basic. Sehingga dapat bermanfaat untuk membantu para pegawai SMA
Negeri 1 Bawang dalam pencarian data pegawai dan siswa dengan menggunakan database, dapat menggunakan keunggulan dari Microsoft Visual Basic dalam penanganan database SMA Negeri 1 Bawang dan memudahkan dalam pencarian data.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data baik melalui wawancara maupun dokumentasi yang ada di sekolah. Perncanaan program dilakukan dengan memanfaatkan dan mengembangkan software Microsoft Visual Basic 6.0.

Hasil Kegiatannya adalah berupa form Menu Utama berisi menu-menu yang ada dalam Aplikasi tersebut yang dapat diakses oleh user umum dan juga digunakan untuk Login Siswa, Guru dan Tata Usaha. Sedangkan form yang lain adalah Form Input Data, Form edit data, Form Group (Menu), From Pencarian dan Form Laporan/Report serta form programmer.

Dari uraian diatas maka disimpulkan sebagai berikut: Pembuatan Program Sistem Informasi Manajemen SMA Negeri 1 Bawang dibuat dengan mamanfaatkan software Microsoft Visual Basic Versi 6.0 dengan memadukan database yang dibuat dan menggunakan program Ms. Acses yang melalui 4 tagap, yaitu: Tahapan Studi Kelayakan, Tahapan Rancangan Pendahuluan, Tahapan Analisis Sistem dan Tahapan Perancangan Sistem.

Program database yang telah dibuat dapat membantu dalam pengolahan Sistem Informasi Manajemen Database SMA Negeri 01 Bawang supaya lebih cepat, mudah, menarik, rapi dan efisien.

No comments:

Post a Comment