Friday, September 24, 2010

PENGEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN TRADISIONAL

ABSTRAK

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, membawa salah satu dampak semakin derasnya arti budaya asing yang melanda kehidupan masyarakat. Maka perlu adanya upaya penggalian pembinaan dan pengembangan unsur-unsur budaya asli Indonesia, khususnya kesenian tradisional Emprak Sido Mukti yang berkembang di Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas penelitian ini mengajukan permasalahan, 1) Bagaimana asal usul Kesenian Emprak Sido Mukti di Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara?, 2) Bagaimana pengembangan bentuk penyajian Kesenian Emprak Sido Mukti?, 3) Faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengembangan Kesenian Emprak Sido Mukti di Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Bertolak dari permasalahan tersebut tujuan penelitian sesuai dengan masalah, 1) Untuk mengetahui asal-usul Kesenian Emprak Sido Mukti Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, 2) Untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan oleh Kesenian Emprak Sido Mukti. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat serta faktor pendukung bagi pengembangan kesenian Emprak Sido Mukti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian Kesenian Emprak Sido Mukti di Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Sasaran penelitian pengembangan bentuk penyajian Desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara pada tahun 1971 dengan tahun 2007, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung bagi pengembangan Kesenian Emprak Sido Mukti. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara, dan tehnik dokumentasi. Selanjutnya analisis data ditempuh dengan cara mereduksi, mengklasifikasi, mendeskripsikan dan menyimpulkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesenian Emprak Sido Mukti Desa Kepuk mengalami beberapa perubahan pengembangan seperti perubahan gerak, jumlah pemain, perubahan tata rias, perubahan kostum dan pola lantai. Hal ini disebabkan karena adanya usaha pengembangan yang terus dilakukan oleh ketua grup Kesenian Emprak Sido Mukti dan masyarakat pendukung. Walaupun terdapat hal-hal yang menghambat pengembangan Kesenian Emprak Sido Mukti yaitu adanya beberapa anggota yang keluar dari kelompok Kesenian Emprak Sido Mukti dengan alasan tidak diperbolehkan suami karena waktu untuk keluarga tersita. Mencari pengganti dari pemain yang keluar sangat sulit karena pemain Kesenian Emprak membutuhkan bakat seni. Honor yang diterima oleh pemain kurang memadai sehingga pemain mencari sampingan di luar kelompok Kesenian Emprak. Dan pada waktu dibutuhkan untuk main sangat sulit untuk menemuinya. Faktor pendukung pengembangan Kesenian Emprak Sido Mukti adalah adanya kemakmuran dan kesejahteraan warga, sehingga panggilan tanggapan yang sering diterima oleh Kesenian Emprak Sido Mukti.

Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan pertama, perlu adanya suatu perjanjian kontrak masa kerja agar tidak mudah keluar dari kelompok. Kedua, perlu ada regenerasi untuk menanamkan minat dan bakat. Ketiga, perlu adanya peningkatan honor pemain untuk pesejahteraan pada penari.

No comments:

Post a Comment