Friday, September 24, 2010

KORELASI ANTARA PERSEPSI GURU TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DENGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA SE-KOTA SEMARANG

ABSTRAK

Pelaksanaan pengajaran yang baik dapat dipengaruhi oleh persepsi guru tentang mata pelajaran yang diampunya. Mengajar yang dilandasi oleh persepsi yang positif akan memperoleh hasil yang baik karena dengan adanya persepsi terhadap mata pelajaran yang baik dalam diri guru (khusunya bahasa Prancis) akan mendorong guru untuk meningkatkan usaha-usaha dalam melaksanakan pengajaran bahasa Prancis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi guru terhadap mata pelajaran bahasa Prancis dengan pelaksanaan pengajaran bahasa Prancis di SMA se-kota Semarang.

Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi guru terhadap mata pelajaran bahasa Prancis dan pelaksanaan pengajaran bahasa Prancis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Prancis SMA di kota Semarang. Teknik sampel yang digunakan adalah quota area random sample. Dengan teknik tersebut didapat sampel 5 orang guru bahasa Prancis di kota Semarang. Untuk mengumpulkan data digunakan metode angket dan observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai persepsi guru terhadap mata pelajaran bahasa Prancis, sedangkan observasi untuk memperoleh data di lapangan mengenai pelaksanaan pengajaran bahasa Prancis di SMA. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan untuk mengukur reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan rumus product moment.

Dari hasil analisis diperoleh nilai r hitung = - 0,713, sedangkan r tabel adalah = 0,878. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa korelasi antara persepsi guru terhadap mata pelajaran bahasa Prancis dengan pelaksanaan pengajaran bahasa Prancis tidak signifikan. Korelasi antara keduanya adalah negatif atau korelasi yang berlawanan arah, jadi semakin besar persepsi guru terhadap mata pelajaran bahasa Prancis maka pelaksanaan pengajaran bahasa Prancis akan semakin rendah.

Kata kunci: Persepsi, Pelaksanaan Pengajaran

No comments:

Post a Comment