Thursday, September 23, 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBANGUNAN RUMAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (1991-2005)

ABSTRAK

Skripsi dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Rumah di daerah Istimewa Yogyakarta (1991-2005)”. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari dua variablel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel independen yang digunakan adalah PDRB riil Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumlah Penduduk, Laju Inflasi, dan Suku Bunga Daerah Istimewa Yogyakarta, serta variabel dependennya adalah Jumlah Pembangunan Rumah Daerah Istimewa Yogyakarta. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta serta laporan dari kantor cabang Bank Indonesia Yogyakarta.

Permasalahannya yaitu apakah keempat variabel independent tersebut berpengaruh terhadap Jumlah Pembangunan Rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta dan jika berpengaruh, seberapa besar pengaruhnya, baik berpengaruh positif atau pun berpengaruh negatif terhadap Jumlah Pembangunan Rumah. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan analisis regresi. Data tersebut diolah dengan menggunakan program EVIEWS yang merupakan salah satu aplikasi statistik komputer.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah ternyata tidak semua variabel independen (PDRB riil Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumlah Penduduk,Laju Inflasi, dan Suku Bunga Daerah Istimewa Yogyakarta) tidak semuanya signifikan terhadap jumlah pembangunan rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan hanya tiga variabel yang mampu memberikan pengaruh terhadap jumlah pembangunan rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu variabel PDRB Riil, Jumlah Penduduk, dan Laju Inflasi.

No comments:

Post a Comment